Minggu, 20 November 2011

Ciri-ciri Orang Mukmin (Orang Beriman)

Oleh : Kafia Anshori - Pucak Wangi

Allah berfirman dalam surat Al-Anfaal : 2-3 yang berbunyi :
إنما المؤمنون الذين إذا ذكر الله وجلت قلوبهم وإذا تليت عليهم آيته زادتهم إيمانا وعلى ربهم يتوكلون - الذين يقيمون الصلاة ومما رزقناهم ينفقون
 "Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah, maka gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya, bertambahlah iman mereka, dan kepada tuhanlah mereka bertawakkal. Yaitu orang-orang yang mendirikan sholat dan yang menafkahkan sebagian dari rizki yang kami berikan kepada mereka" (Al-Anfaal: 2-3).

Dari ayat diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ciri-ciri orang mukmin itu adalah sebagai berikut:
1. Apabila disebut nama Allah, hatinya bergetar; artinya jikalau ia mendengar orang berucap Allah, maka hatinya gemetar karena dihatinya selalu ada nama-Nya.
2. Apabila dibacakan ayat-ayat-Nya imannya bertambah, dia selalu mengagungkan kalam Allah sehingga dia ingin selalu bertemu dengan ayat-ayat suci-Nya dengan semua indranya, tak cuma dibaca dan didengarkan akan tetapi ia sanggup menghayatinya sehingga bertambahlah imannya.
3. Dan kepada Allahlah dia bertawakkal, semua yang ada merupakan berasal dari Allah dan kembalinyapun kepada Allah. Dia selalu menerima semua yang diberikan Allah swt.
4. Mendirikan Sholat, dengan mendirikan sholat dia dapat mendekatkan diri kepada Allah, dan dengan itu pula dia telah mendirikan tiang agamanya, sehingga agamanya kuat, keyakinannya kuat dan imannya juga kuat.
5. Membayar zakat, mensucikan harta dengan zakat, itu adalah seorang mukmin, tak cuma mensucikan harta, tapi juga dengan hal itu akan menambahkan dekat dan harmonis hubungannya dengan sesama muslim.
"Masya Allah" sudahkah kita berkriteria sebagaimana yang telah terpapar dalam ayat tersebut. Itu semua adalah ciri-ciri orang mukmin yang telah sempurna imannya.
Semoga kita digolongkan oleh Allah sebagai seorang mukmin yang sempurna imannya. Amin.


1 komentar: