Jumat, 18 November 2011

Keridhaan Allah ada Pada Keridhaan Orang Tua

Oleh : Ahmad Arifin - Kayen

عن عبد الله بن عمر وقال ،قال رسول الله صلى الله عليه وسلم رضى الله فى رضا الوالدين وسخط الله فى سخط الوالدين : رواه : البيهقي

" Dari Abdullah Bin "Amr ia berkata : Rosulullah saw telah bersabda Keridhaan Allah itu ada dalam keridhaan kedua orangtua dan Murka Allah itu ada pada Murkanya kedua orangtua".


Dalam bermu'amalah dan berinteraksi sehari-hari dengan kedua orangtua harus berhati-hati terutama dalam berucap dan bersikap. Jangan sampai ada diantara sikap dan ucapan kita sampai menyinggung perasaan mereka, ataupun menyakiti mereka. Jika hal ini terjadi lalu mereka tidak ridho maka keburukan dan kesengsaraan akan menimpa kita. Na'udzubillah.

Ibnu Abbas Berkata : " Jika seseorang telah membuat marah kepada salah satu orangtuanya lalu orangtuanya tersebut tidak ridho terhadapnya, maka Allahpun tidak akan pernah ridha kepadanya, sampai orangtuanya itu memaafkannya".

Sesungguhnya kedua orangtua merupakan salah satu pintu dari banyak pintu surga. Jika kedua orangtua telah ridha kepadamu, maka engkau akan dengan mudah memasuki surga. Namun jika mereka memurkaimu, maka surga akan tertutup buatmu.

Dan jika ada suatu perbuatan yang balasannya langsung disegerakan oleh Allah dalam kehidupan dunia ini tanpa menunggu datangnya hari kiamat, maka itu tidak lain adalah "berbakti kepada orangtua ataupun kedurhakaan kepada kedua orangtua". Akibat dari kedua perbuatan ini dapat kita saksikan langsung dalam kehidupan dunia ini/dalam kehidupan sehari-hari.
Kita sering melihat dan mendapatkan betapa orang yang berbakti kepada kedua orangtuanya, maka ia akan memperoleh keberkahan dan kebahagiaan dalam kehidupannya maka ia akan mengalami kesulitan dan kesengsaraan sepanjang hidupnya.
Tapi sebaliknya, lihatlah orang-orang yang tidak mampu meraih ridha kedua orangtuanya karena telah berani mendurhakai kedua orangtuanya.

2 komentar: