Jumat, 18 November 2011

Janganlah Sekali kali Berbuat Durhaka Kepada Orang Tua

Oleh : Malawy El Mulazy - Widorokandang

عن أبي بكرة رضي الله عنه قال سمعتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : كل الذنوب يؤخرالله ماشاء منها إلى يوم القيامة إلا عقوق الوالدين فإن الله تعالى يعجله لصاحبه فى الحياة قبل الممات : رواه الحاكم
" Dari Abi Bakrah ia berkata, saya telah mendengar Rosulullah saw bersabda, "Setiap dosa akan di tangguhkan oleh Allah swt sesuai kehendakNya atas dosa tersebut sampai hari kiamat tiba, kecuali durhaka kepada kedua orangtua. Karena sesungguhnya Allah swt akan menyegerakan balasannya kepada si pelaku dalam kehidupan ini sebelum ia mati". (HR. Al-Hakim)

Dalam beberapa hadits yang lain, Rosulullah bahkan secara tegas menyatakan bahwa durhaka kepada orangtua merupakan perbuatan dosa yang paling besar setelah menyekutukan Allah swt.
Durhaka kepada kedua orangtua juga merupakan salah satu dari 15 perbuatan yang apabila dikerjakan maka ia akan menjadi sebab turunnya bala' dan malapetaka dalam kehidupan ini.

Karenanya orang yang telah melakukan kedurhakaan kepada kedua orangtuanya lalu ia mati dalam keadaan belum sempat bertaubat dan minta maaf kepada keduanya, maka ia sekali-kali tidak akan pernah masuk surgaNya Allah.
Bahkan Allah swt pun tidak sudi sekedar untuk melihat dan memandangnya di akhirat kelak. Kalau memandang saja Allah sudah tidak sudi, mana mungkin Allah akan memberikan ampunan-Nya kepada orang tersebut dan memasukkannya ke surga-Nya.

Adakah orang yang lebih hina dan paling celaka di akhirat nanti melebihi orang yang di cuekin dan tidak dianggap sama sekali oleh Allah swt..?????
 
 

1 komentar:

  1. Masya Allah semoga kita termasuk orang yang selalu bisa berbakti kepada orangtua kita. Semoga Allah selalu memberikan ampunan kepada kedua orangtua kita, amiin. Terima kasih atas posting anda.

    BalasHapus