Minggu, 20 November 2011

Abu Nawas Rakyat Jelata

Oleh : Eddy Surya - Jaken

Abu Nawas adalah ulama besar yang kocak akan tetapi cerdik, Beliau mampu mengatasi berbagai persoalan rumah dengan style humoris atau bahkan mempermainkan kata dengan sangat lincah. Tidak heran kalau orang-orang barat menjulukinya sebagai pakar logika.
Beliau bukan anak seorang saudagar ataupun raja tapi beliau terlahir sebagai anak rakyat kecil yang miskin harta benda namun kaya akan ilmu pengetahuan.
Setelah wafatpun Beliau masih bisa membuat orang tertawa. Didepan makamnya ada pintu gerbang yang terkunci dengan gembok besar sekali, namun dikanan dan dikiri pintu tersebut tiada bertembok sehingga para peziarah bisa leluasa keluar masuk ke makam tanpa harus melewati pintu gerbang yang di gembok. Apa maksud dari semua itu? mungkin itu adalah simbol watak beliau yang tertutup namun sebenarnya ia terbuka bagi siapa saja. Ada misteri dibalik semua itu. Beliau sepertinya bukan orang biasa, bahkan ada yang meyakini dari kesederhanaannya ia adalah seorang guru sufi, namun ia tetap dekat dengan rakyat jelata bahkan ia konsis membela mereka yang lemah dan tertindas.
Sampai sekarang pun makam dan nama beliau tetap di jaga dan di harumkan oleh umat muslim sebagai ulama besar yang arif dan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar