Rabu, 11 April 2012

Ujian Bahasa

Dalam rangka peningkatan kemampuan bahasa keseharian santri Darul Hidayah Pati, Jama'ah Asatidzah sebagai penanggungjawab dan pembimbing harian para santri menyepakati untuk mengadakan Ujian Bahasa  untuk mengevaluasi secara umum kemampuan santri Darul Hidayah Pati sekaligus sebagai TANBIH bahwa betapa pentingnya penggunaan bahasa di Pondok pesantren Darul Hidayah.
Salah seorang Pembimbing Bahasa Santri mengatakan
bahwa : "bahasa Arab-Inggris merupakan alat komunikasi para santri Darul Hidayah dalam keseharian, jadi bahasa bukan hanya untuk modal menguasai kitab-kitab namun memang dipakai secara langsung dalam percakapan, tanpa terkecuali, bagi santri baru tentunya harus melewati beberapa waktu untuk sekedar adaptasi.
Pondok Pesantren Darul Hidayah Pati sejak tahun 2004 sudah exist dengan program bahasa Arab maupun Inggris  sebagai bahasa keseharian santri. sehingga tidak heran kalau kita datang ke Pondok Pesantren Darul Hidayah Pati kita akan mendengar percakapan para santri yang hanya menggunakan Bahasa Arab ataupun Inggris sesuai dengan penjadwalan penggunaan bahasa tersebut, penggunaan bahasa Arab-Inggris secara bergantian perminggu atau perdua minggu.
Sudah barang tentu dalam penggunaan bahasa keseharian baik Arab maupun Inggris juga diterapkan sanksi kepada mereka yang lalai menggunakan bahasa, atau bagi pelanggar bahasa.
Menurut salah seorang guru disana bahwa sanksi tersebut diperuntukkan kepada para santri yang menggunakan bahasa arab pada minggu bahasa inggris atau sebaliknya. Sehingga norma dan aturan pengunaan bahasa tetap exist sampai sekarang.
Sudah merupakan agenda tahunan pondok pesantren darul hidayah adalah mengadakan test/uji kemampuan bahasa. Pada tahun ini Uji Kemampuan bahasa santri tersebut insya allah akan diselenggarakan pada pertengahan menjelang akhir bulan ini, April 2012.
Dalam Ujian kali ini, materi yang akan diujikan kepada para santrinya adalah terdiri dari :
1. Uji Lisan < interview secara langsung dengan penguji>
2. Uji Orasi < Kemampuan mengungkapkan pendapat di atas mimbar >
3. Uji Tulisan < Mereka akan menghadapi beberapa soal2 yang berkenaan dengan bahasa Arab-Inggris>

Materi-materi yang akan diujikan adalah materi yang berkenaan dengan MUFRODAT YAUMIYAH, VOCABULARIES, MUHADATSAH, DAILY CONVERSATION OR DIALOGUE.

Santri-santri yang akan diuji saat ini adalah :
Kelas 1 ( Anak baru + Intensive Baru)
Kelas 2 ( Kelas 2 MTs)
Kelas 3 ( Kelas 3 MTs dan Intensive Lama)
Kelas 4 & 5 ( Kelas Anak Lama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar